Friday, March 8, 2013

Niat dan Keikhlasan

Mentoring 1. Niat dan Keikhlasan

quranDari Umar ra berkata bahwa saya mendengar Rasul bersabda : Sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang akan mendapat balasan sesuai apa yg diniatkannya.

Barangsiapa berhijrah utk mendapat keridhaan Allah dan RasulNya, maka hijrahnya akan mendapat keridhaan Allah dan RasulNya.

Barangsiapa berhijrah untuk dunia yg dikehendakinya, atau wanita yg ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu pada apa yang dikehendakinya

(teks dan rincian hadis bisa dilihat di http://muslim.or.id/hadits/menghadirkan-dan-mengikhlaskan-niat-dalam-amal-ibadah.html)

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan Nya dalam menjalankanagama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus' qs. Al Bayinah : 5

Note from teh Patra:

Memurnikan ketaatan ( mukhlisin) maknanya adalah wala' (loyal) dan bara' (berlepas diri).

Artinya kita memberikan loyalitas hanya pada Allah saja dan berlepas diri segala sesuatu selainNya.

Niat adalah sesuatu yang mendasari amal. Niat yang menentukan hasil dari amal yang kita kerjakan.

Kalau kita niat mencuci piring agar piring menjadi bersih, maka piring akan menjadi bersih.

Kalau kita niat mencuci piring untuk menyediakan piring bersih untuk keluarga, agar menjadi keluarga yang sehat, selalu bersedia beribadah dan menjadi manusia yg bermanfaat bagi ummat, maka pahala dari semua yg kita niatkan itu tetap kita dapatkan dan piring tetap bersih juga.

No comments:

Post a Comment