Monday, March 18, 2013

Menyiapkan Masa Depan

Dari komennya seorang teman di grup ITBMH tentang 'menyiapkan masa depan'

Makasih bu Alfati Nova:)

Ada banyak dalil dlm Al-Qur'an yg memganjurkan kita utk berusaha menyiapkan hari esok, dan bagaimana usaha terbaik utk itu jg ada dalilnya, lalu usaha2 yg dibolehkan jg ada. Dalam hadits jg banyak, aku kutip beberapa aja nih:

1. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang diperbuatnya untuk hari esok, dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Al-Hasyr : 18)

2. Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.(Annisa : 9)

3. “Yusuf, hai orang yang amat dipercaya, terangkanlah kepada kami tentang tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk yang dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir (gandum) yang hijau dan (tujuh) lainnya yang kering agar aku kembali kepada orang-orang itu, agar mereka mengetahuinya.” Yusuf berkata: “Supaya kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana biasa; maka apa yang kamu tuai hendaklah
kamu biarkan dibulirnya kecuali sedikit untuk kamu makan. Kemudian sesudah itu akan datang tujuh tahun yang amat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya (tahun sulit), kecuali sedikit dari (bibit gandum) yang kamu simpan. Kemudian setelah itu akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan (dengan cukup) dan di masa itu mereka memeras anggur.” (Yusuf : 46 – 49)

4. Dari Sa’d bin Abi Waqas ra berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “… Sesungguhnya engkau jika meninggalkan anak-anakmu dalam keadaan kaya (berkecukupan) adalah lebih baik daripada engkau meninggalkan mereka dalam kondisi miskin meminta-minta pada manusia. Dan sesungguhnya tidaklah engkau memberikan nafkah kepada keluargamu dengan tujuan mengharap keridhaan Allah SWT, melainkan akan Allah berikan pahala atasnya, bahkan suapan yang engkau suapkan ke mulut istrimu…” (HR. Bukhari)

TAMBAHAN dari Bu Mentor Teh PATRA

1. Rasulullah menyimpan makanan untuk kebutuhan keluarga selama setahun [HR Bukhari no 2904 dan Muslim no 1757].

2. Allah akan memberikan rahmat kepada seseorang yang berusaha dari yang baik, membelanjakan uang secara sederhana, dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga saat dia miskin dan membutuhkannya. [HR Muslim & Ahmad]

UPDATE

Teh Patra : Sepemahaman saya, dalam hal Rasulullah menginfakan seluruh hartanya, statusnya 'pernah'. Itu adalah kemuliaan beliau dan para sahabat, tapi bukan untuk dijadikan syariat. 

Makanya Rasul bertanya pada Abu Bakar saat Abu Bakar menginfaqkan seluruh hartanya 'lalu apa yang kau tinggalkan untuk keluargamu?'. 

Dan Rasul juga tidak protes terhadap Umar yang'hanya' menginfaqkan separuh hartanya. Dan juga tidak memerintahkan semua sahabat menginfaqkan seluruh hartanya seperti beliau.
Teh Patra Dalam Islam, harta yang paling barakah adalah harta yang paling banyak manfaatnya. Makanya islam tidak merekomendasikan/melarang harta idle. Seperti air menggenang, harta idle itu berpotensi mengandung penyakit. Lagipula harta idle akan terus berkurang karena zakat.

Tapi larangan ini bukan bersifat haram seperti haramnya berjudi atau mencuri. Hanya tidak disukai, tidak barakah. 
Harta idle itu terutama ditujukan pada harta yang benar2 diam, tidak jelas peruntukannya. Uang nganggur, tanah, bangunan, dll.

Sementara kalau tabungan yang jelas peruntukannya, itu dikategorikan planning, persiapan. Jadi bahkan dianjurkan. Dalam kaidah fiqh disebutkan 'sesuatu yang tanpanya suatu kewajiban tidak dapat dilakukan maka hukumnya wajib'. Misalnya jika untuk melakukan kewajiban berhaji tidak mungkin ditempuh kecuali dengan tabungan haji, maka tabungan haji menjadi wajib.

Apalagi di kondisi jaman sekuler seperti sekarang, dimana segala sesuatu memang harus bayar. Kecuali kalau mau sekolah ga bayar kayak saya..hehe

7 minutes ago · Like · 2

No comments:

Post a Comment